SILABUS
Nama Sekolah : SMA HANG TUAH
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Logika
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Alokasi Waktu : 4 x 45’’
No. | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1. | 4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan | Bentuk ekuivalen pernyataan majemuk : - Negasi suatu pernyataan majemuk . Pernyataan berkuantor: - Pengertian tentang konvers, invers dan kontraposisi. - Nilai kebenaran pernyataan berkuantor. | - Menjelaskan bentuk ekuivalen pernyataan majemuk. - Membandingkan negasi suatu pernyataan majemuk yang terdiri dari negasi konjungsi, negasi disjungsi, negasi dari implikasi dan negasi dari biimplikasi. - Menjelaskan pengertian dari konvers, invers dan kontraposisi beserta contohnya. - Mencari nilai kebenaran pernyatan berkuantor. | 4.3.1 Siswa mampu memahami bentuk ekuivalen. 4.3.2 Siswa mampu membedakan negasi suatu pernyataan majemuk. 4.3.3 siswa mampu membedakan antara konvers, invers dan kontraposisi. 4.3.4 Siswa mampu menyelidiki nilai kebenaran pernyataan berkuantor. | - Tugas individu -Keaktifan siswa -Ulangan harian | 4 x 45’’ | Buku paket Matematika SMA kelas X, Penerbit Gelora Aksara Pratama |
2. | 4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah | Penarikan kesimpulan: - Prinsip modus ponens - Prinsip modus tolens - Prinsip silogisme Penyusunan bukti: - Bukti langsung - Bukti tak langsung - Induksi matematika | - Mendiskusikan penggunaan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dalam penarikan kesimpulan. - Mendiskusikan pembuktian suatu pernyataan. | 4.4.1 Siswa mampu menarik kesimpulan dalam penggunaan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk. 4.4.2 siswa mampu membuktikan sifat matematika dengan bukti lansung. 4.4.3 Siswa mampu membuktikan sifat matematika denagn bukti tak lansung. 4.4.4 Siswa mampu membuktikan sifat matematika dengan induksi matematika. | -Tugas kelompok -Keaktifan siswa -Ulangan harian | 4 x 45’’ | Buku paket Matematika SMA kelas X, Penerbit Gelora Aksara Pratama |
0 komentar:
Posting Komentar